Home > Civil Engeneering > Alat Pengangkat (Crane)

Alat Pengangkat (Crane)

crane1

Alat pengangkat yang biasa digunakan didalam proyek konstruksi adalah crane. Cara kerja crane adalah dengan mengangkat material yang akan dipoindahkan, memindahkan secara horizontal, kemudian menurunkan material ditempat yang diinginkan. Beberapa tipe crane yang umum dipakai adalah :

1. Crane Beroda Crawler

Tipe ini mempunyai bagian atas yang dapat bergerak 3600. dengan roda crawler maka crane tipe ini dapat bergerak didalam lokasi proyek saat melakukan pekerjaannya. Pada saat crane akan digunakan diproyek lain maka crane diangkut dengan menggunakan lowbed trailer. Pengangkutan ini dilakukan dengan membongkar boom menjadi beberapa bagian untuk mempermudah pelaksanaan pengangkutan.

2. Truck Crane

Crane jenis ini dapat berpindah tempat dari satu proyek ke proyek lainnya tanpa bantuan dari alat pengangkutan. Akan tetapi bagian dari crane tetap harus dibongkar untuk mempermudah perpindahan. Seperti halnya crawler crane, truck crane ini dapat berputar 3600. untuk menjaga keseinbangan alat, truck crane memiliki kaki. Di dalam pengoperasiannya kaki tersebut harus dipasangkan dan roda diangkat dari tanah sehingga keselamatan pengoperasian dengan boom yang panjang akan terjaga.

3. Crane untuk Lokasi Terbatas

Crane tipe ini diletakan di atas dua buah as tempat kedua as ban bergerak secara simultan. Dengan kelebihan ini maka crane jenis ini dapat bergerak dengan leluasa. Alat penggerak crane jenis ini adalah roda yang sangat besar yang dapat meningkatkan kemampuan alat dalam bergerak dilapangan dan dapat bergerak di jalan raya dengan kecepatan maksimum 30 mph. Letak ruang operator crane biasanya pada bagian-bagian deck yang dapat berputar.

4. Tower Crane

Tower crane merupakan alat yang digunakan untuk mengangkat material secara vertical dan horizontal kesuatu tempat yang tinggi pada ruang gerak yang terbatas. Tipe crane ini dibagi berdasarkan cara crane tersebut berdiri yaitu crane yang dapat berdiri bebas (free standing crane), crane diatas rel (rail mounted crane), crane yang ditambatkan pada bangunan (tied-in tower crane) dan crane panjat (climbing crane).

a. Bagian Crane

Bagian dari crane adalah mast atau tiang utama,, jib dan counter jib, counterweight, trolley dan tie ropes. Mast merupakan tiang vertical yang berdiri di atas base atau dasar. Jib merupakan tiang horizontal yang panjangnya ditentukan berdasarkan jangkauan yang diinginkan.

b. Kriterian pemilihan Tower Crane

Pemilihan tower crane sebagai alat untuk memindahkan material didasarkan pada kondisi lapangan yang tidak luas, ketinggian yang tidak terjangkau oleh alat lain. Dan tidak dibutuhkanya pergerakan alat. Pemilihan jenis tower crane yang akan dipakai harus mempertimbangkan situasi proyek, bentuk struktur bangunan, kemudahan operasiaonal baik pada saat pemasangan maupun pada saat pembongkaran.

Sedangkan pemilihan kapasitas tower crane berdasarkan berat, dimensi, dan daya jangkau pada beban terberat, ketinggian maksimum alat, perakitan alat diproyek, berat alat yang harus ditahan oleh strukturnya, ruang yang tersedia untuk alat, luas area yang harus dijangkau alat dan kecepatan alat untuk memindahkan material.

c. Kapasitas Tower Crane

Kapsitas tower crane tergantung beberapa factor. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa jika material yang diangkut oleh crane melebihi kapasitasnya maka akan terjadi jungkir. Oleh karena itu, berat material yang diangkut sebaiknya sebagai berikut :

1). Untuk mesin beroda crawler adalah 75% dari kapasitas alat

2). Untuk mesin beroda ban karet adalah 85% dari kapasitas alat

3). Untuk mesin yang memilliki kaki adalah 85% dari kapasitas alat

Factor luar yang harus diperhatikan dalam menentukan kapasitas alat adalah

1). Kekuatan angina terhadapa alat

2). Ayunan beban pada saat dipindahkan

3). Kecepatan pemindahan material

4). Pengereman mesin dalam pergerakannya

Sumber :

Alat Berat untuk Proyek Alat Konstruksi (Edisi Kedua); Penulis: Susy Fatena Roestiyanti

About these ads
Categories: Civil Engeneering
  1. Muhammad Kaliri
    2 March 2009 at 8:41 am | #1

    Terima kasih atas artikelnya….

  2. norfug
    31 March 2009 at 10:50 am | #2

    cara menaikan tiang (tower) crane tower biar bisa tinggi gimana caranya ya?

  3. masopik
    10 June 2009 at 1:01 pm | #3

    Sama-sama semoga membantu

  4. masopik
    10 June 2009 at 1:06 pm | #4

    Mudah banget, tinggal pencet tombol…. pasti mengangkat sendiri…

  5. OpicxPRS
    17 June 2009 at 6:46 am | #5

    Makasih bos udah ngasih info…

  6. masopik
    11 August 2009 at 2:15 pm | #6

    Sama-sama… lain kali silakan mampir lagi

  7. armania09
    22 January 2010 at 3:01 am | #7

    untuk crane ada perhitungan untuk kapasitas alatnya gak?

  8. agunk!!
    22 August 2010 at 7:59 am | #8

    ada kumpulan2 jurnalnya gak?

  9. yulianto
    14 September 2010 at 8:03 pm | #9

    apakah craine mampu untuk menggangkat kapal yg tenggelam???
    ukuran kapal panjang 30mtr lebar 8mtr..
    terbuat dari kayu…
    mohon infonya bos….

  10. yulianto
    14 September 2010 at 8:05 pm | #10

    apa mampu craine untuk mengangkat kapal yg tenggelam…
    ukuran kapal 30x 8 meter terbuat dari kayu.
    mohon infonya bos…

  11. okto
    29 September 2010 at 3:32 am | #11

    sangat membantu saya…
    ThanX

  12. 9 December 2010 at 12:22 am | #12

    Sama-sama,
    terima kasih sudah mampir..

  13. 9 December 2010 at 1:13 am | #13

    Tower Craine maksimal 5 ton, jadi perkirakan saja dulu berat/massa dari kapal tenggelam tersebut. Perkiraan saya harusnya bisa, dan lebih mudah angkatnya karena ada gaya archimedes (gaya angkat) dari air. Jadi ada bantuan dari gaya angkat air. itu saja
    Makasih telah mampir

  14. 9 December 2010 at 1:15 am | #14

    Insyaalloh ya, kebetulan sy sedang sibuk jadi belum sempat saja.. tungguin aja
    Terima kasih sudah mampir mas..

  15. 25 June 2011 at 4:36 pm | #15

    saya suka peindah bahan ini

  16. robby
    6 September 2011 at 2:05 am | #16

    mantaff bro, klo bisa jenis2 crane yg lain juga di masukin.

  17. Desy
    10 April 2012 at 4:43 am | #17

    kalo boleh tau, bahan material untuk tower crane terbuat dari apa y? yang bagian lengannya itu, hehe. bole tolong d email saja? terima kasih banyak infonya :)

  18. GENK ARIANTO
    11 May 2012 at 1:33 pm | #18

    MAS BSA G TAMPILKAN TENTANG SIRKUIT ALIRAN HIDROLIK PADA LIFT

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: