Home > Civil Engeneering > Peralatan Standar K3 Di Proyek

Peralatan Standar K3 Di Proyek

Anda masih stay tune on my blog, kalo memang demikian, saya haturkan terima kasih untuk itu. Uraian berikutnya tentang peralatan standar k3 di konstruksi masih dalam tulisan yang sama. Oke .. langsung saja.

Dalam bidang konstruksi, ada beberapa peralatan yang digunakan untuk melindungi seseorang dari kecelakaan ataupun bahaya yang kemungkinan bisa terjadi dalam proses konstruksi. Peralatan ini wajib digunakan oleh seseorang yang bekerja dalan suatu lingkungan konstruksi. Peralatan ini wajib digunakan oleh seseorang yang bekerja dalam suatu lingkungan konstruksi. Namun tidak banyak yang menyadari betapa pentingnya peralatan-peralatan ini untuk digunakan.

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah dua hal yang sangat penting. Oleh karenanya, semua perusahaan konstraktor berkewajiban menyediakan semua keperluan peralatan/ perlengkapan perlindungan diri atau personal protective Equipment (PPE) untuk semua karyawan yang bekerja, yaitu :

1. Pakaian Kerja

pakaian-kerjaTujuan pemakaian pakaian kerja adalah melindungi badan manusia terhadap pengaruh-pengaruh yang kurang sehat atau yang bisa melukai badan. Megingat karakter lokasi proyek konstruksi yang pada umumnya mencerminkan kondisi yang keras maka selayakya pakaian kerja yang digunakan juga tidak sama dengan pakaian yang dikenakan oleh karyawan yang bekerja di kantor. Perusahaan yang mengerti betul masalah ini umumnya menyediakan sebanyak 3 pasang dalam setiap tahunnya.

2. Sepatu Kerja

sepatu-kerjaSepatu kerja (safety shoes) merupakan perlindungan terhadap kaki. Setiap pekerja konstruksi perlu memakai sepatu dengan sol yang tebal supaya bisa bebas berjalan dimana-mana tanpa terluka oleh benda-benda tajam atau kemasukan oleh kotoran dari bagian bawah. Bagian muka sepatu harus cukup keras supaya kaki tidak terluka kalau tertimpa benda dari atas.


 

3. Kacamata Kerja

kaca-mata1Kacamata pengaman digunakan untuk melidungi mata dari debu kayu, batu, atau serpih besi yang beterbangan di tiup angin. Mengingat partikel-partikel debu berukuran sangat kecil yang terkadang tidak terlihat oleh mata. Oleh karenanya mata perlu diberikan perlindungan. Biasanya pekerjaan yang membutuhkan kacamata adalah mengelas.

4. Sarung Tangan

sarung-tanganSarung tanga sangat diperlukan untuk beberapa jenis pekerjaan. Tujuan utama penggunaan sarung tangan adalah melindungi tangan dari benda-benda keras dab tajam selama menjalankan kegiatannya. Salah satu kegiatan yang memerlukan sarung tangan adalah mengangkat besi tulangan, kayu. Pekerjaan yang sifatnya berulang seperti medorong gerobag cor secara terus-meerus dapat mengakibatkan lecet pada tangan yang bersentuhan dengan besi pada gerobag.

5. Helm

helmetHelm (helmet) sangat pentig digunakan sebagai pelindug kepala, dan sudah merupakan keharusan bagi setiap pekerja konstruksi untuk mengunakannya dengar benar sesuai peraturan. Helm ini diguakan untuk melindungi kepala dari bahaya yang berasal dari atas, misalnya saja ada barang, baik peralatan atau material konstruksi yang jatuh dari atas. Memang, sering kita lihat kedisiplinan para pekerja untuk menggunakannya masih rendah yang tentunya dapat membahayakan diri sendiri.

6. Sabuk Pengaman

sabuk-kerjaSudah selayaknya bagi pekerja yang melaksanakan kegiatannya pada ketinggian tertentu atau pada posisi yang membahayakan wajib mengenakan tali pengaman atau safety belt. Fungsi utama talai penganman ini dalah menjaga seorang pekerja dari kecelakaan kerja pada saat bekerja, misalnya saja kegiatan erection baja pada bangunan tower.


7. Penutup Telinga

penutup-telingaAlat ini digunakan untuk melindungi telinga dari bunyi-bunyi yang dikeluarkan oleh mesin yang memiliki volume suara yang cukup keras dan bising. Terkadang efeknya buat jangka panjang, bila setiap hari mendengar suara bising tanpa penutup telinga ini.

 


8. Masker

maskerPelidung bagi pernapasan sangat diperlukan untuk pekerja konstruksi mengingat kondisi lokasi proyek itu sediri. Berbagai material konstruksi berukuran besar sampai sangat kecil yang merupakan sisa dari suatu kegiatan, misalnya serbuk kayu sisa dari kegiatan memotong, mengampelas, mengerut kayu.

 


 

9. Tangga

tanggaTangga merupakan alat untuk memanjat yang umum digunakan. Pemilihan dan penempatan alat ini untuk mecapai ketinggian tertentu dalam posisi aman harus menjadi pertimbangan utama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10. P3K

p3kApabila terjadi kecelakaan kerja baik yang bersifat ringan ataupun berat pada pekerja konstruksi, sudah seharusnya dilakukan pertolongan pertama di proyek. Untuk itu, pelaksana konstruksi wajib menyediakan obat-obatan yang digunakan untuk pertolongan pertama.

 

Demikianlah peralatan standar k3 di proyek yang memang harus ada dan disediakan oleh kontraktor, barangkali sifatnya wajib. Ingat tindakan preventif jauh lebih baik dan murah ketimbang  sudah kejadian. so, take care

About these ads
Categories: Civil Engeneering
  1. 13 April 2009 at 12:32 pm | #1

    anak teknik sipil ya mas? :)

  2. masopik
    11 May 2009 at 2:42 am | #2

    Ya bener Rindu… Sy anak teknik Sipil + Teknik Pertanian Juga. Baca aja profile saya … makasih atas kunjungannya + comment-nya
    Ass…

  3. rona
    24 May 2009 at 2:19 am | #3

    mas aq rona lam kenal …mas bs tanyah ttg safety belt ndak??aq dpet tgs ne..tp aq msh smester baru,jd blm tau byk ttg k3…
    aq mw tnyah ttg gmn upaya perbaikan atopun pencegahan bwt pekerja konstruksi??kn skr byk tuh kecelakaan kerja akibat putusnyah sabug pengaman mrk.gmn cara menanggulangi nya???mksh ya mas sblum nyah…^_^

  4. masopik
    10 June 2009 at 1:12 pm | #4

    Maaf ya Rona baru balas, karena kesibukan kerja. Secara berkala dicek alat-alat tersebut. Kalo sekiranya tidak kuat lagi, atau sekilas dilihat mata sudah berbahaya. jangan dipakai, segera ganti dengan yang baru. Biasanya harus ada biaya pemeliharaan alat-alat tersebut. Perusahaan harus berpikir kesitu. Bukankah cost untuk tindakan preventif lebih murah dan lebih baik ketimbang sudah kejadian. O… saya ada blog lain Rona, silakan buka kalo berkenan di http://www.taufiqsusanto.blogspot.com. Terima kasih telah berkunjung..

  5. 16 November 2009 at 5:18 am | #5

    blogwalking…..wah artikel yang bagus teman ! keep on post for K3 articles ya ….

  6. denri
    15 July 2010 at 8:06 am | #6

    Mas Opik,

    Adanya yang saya tanyakan :

    1.Apakah ada standar pakaian kerja secara spesifik atau bersifat umum ( tergantung
    tempat kerjanya dimana) (Praktisi dan peraturanya)

    2.Pedoman Identifikasi Keadaan bahaya K3 (Praktisi dan peraturannya)

    3.Pedoman Pelaksanaan K3 (praktisi dan Peraturannya)

    4.Apakah mas Opik hadir waktu konvensi K3 tanggal 9- 10 Feb 2010 di
    jakarta,Hotel Bumikarsa jakarta, makasih buat penambahan reprensi Ngajar K3

    Atas kesedianya untuk memberikan informasi saya ucapkan terima kasih

    Hormat saya

    Denri

  7. denri
    15 July 2010 at 8:11 am | #7

    Mas Opik,

    Adanya yang saya tanyakan :

    1.Apakah ada standar pakaian kerja secara spesifik atau bersifat umum ( tergantung
    tempat kerjanya dimana) (Praktisi dan peraturanya)

    2.Pedoman Identifikasi Keadaan bahaya K3 (Praktisi dan peraturannya)

    3.Pedoman Pelaksanaan K3 (praktisi dan Peraturannya)

    4.Apakah mas Opik hadir waktu konvensi K3 tanggal 9- 10 Feb 2010 di
    jakarta,Hotel Bumikarsa jakarta, makasih buat penambahan reprensi Ngajar K3

    Atas kesedianya untuk memberikan informasi saya ucapkan terima kasih

    Hormat saya

    Denri

  8. khairina
    4 August 2010 at 11:03 am | #8

    makasih,ya,,atas infonya,,

  9. Grosir Sepatu Safety
    15 September 2010 at 7:54 am | #9

    Terima kasih atas sharingnya yg sangat menarik,
    semoga bermanfaat.

    Salam kenal & sukses selalu,
    Purwadi
    Grosir Sepatu Safety
    grosirsepatusafety.wordpress.com
    0811773163

  10. Josep
    5 December 2010 at 12:14 pm | #10

    Salam kenal,
    Aku mau tanya, ada beberapa singkatan di istilah K3 tolong di jelaskan ya
    1. Baker BRR
    2. PPK
    3. APD
    4. SOP
    Tanks ya.

  11. 9 December 2010 at 1:08 am | #11

    Terima kasih sudah mampir

  12. 9 December 2010 at 1:15 am | #12

    Sama-sama,
    Terima kasih sudah mampir mba

  13. 10 December 2010 at 1:01 pm | #13

    Maaf ya mas, baru bisa jawab karena kesibukan kerja.
    Coba saya jawab setahu saya ya mas, karena terus terang saya tidak mendalami masalah K3 ini, hanya sebatas tahu saja.
    1. Standar pakaian kerja secara spesifik, biasanya tergantung tempat kerjanya. Akan berbeda standar K3 pada proyek bangunan dan pabrik. Dan biasanya perusahaan-perusahaan besar yang sudah ISO akan memperhatikan soal K3 ini terutama masalah pakaian, dan aksesoris yang harus digunakan selama bekerja.

    2. dan 3. Pedoman identifikasi keadaan bahaya dan pelaksanaan K3, secara pelaksanaan dan peraturan ada. tapi saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut, karena bukan bidang saya.

    4. Waktu konvensi saya tidak hadir, karena memang saya tidak terlalu fokus pada K3 meskipun sangat penting.

    Kalo buat referensi mengajar, saya sarankan lebih baik ikut pelatihan K3 aja mas, secara berkala saya sering diemail tentang pemberitahuan pelatihan K3. Coba saja mas ikuti, berikut alamatnya :

    PT.Prashetya Quality bekarjasama dengan Depnakertrans RI
    mengadakan pelatihan K3..

    untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

    Telp/Fax (021)7692663

    1.Ir.Yoyok (0818796768)
    2.Hardi (081219315177)
    3.Lisbet (02195242099)

    PT.Prasehetya Quality
    Jl.Cilandak V NO. 17 Cilandak Barat Jakarta Selatan Telp : 769 2663
    http://www.prashetyaquality.com

  14. 10 December 2010 at 1:10 pm | #14
  15. 10 December 2010 at 1:30 pm | #15

    Oke, Insyaalloh..
    Makasih sudah mampir

  16. 17 December 2010 at 9:55 am | #16

    Mas Aq Pasang Di Blogq Boleh mas?!

  17. 19 December 2010 at 3:02 am | #17

    Silakan, semoga bermanfaat..
    Terima kasih sudah mampir

  18. 10 January 2011 at 10:57 am | #18

    terima kasih infonya….sangat bermanfaat

  19. 16 January 2011 at 6:43 am | #19

    Sama-sama, silakan baca juga artikel yang lain, misalnya safety breafing K3 ya.. dan jangan lupa tinggalkan comment yah, makasih

  20. 17 March 2011 at 1:03 am | #20

    info yg sangat menarik….bermanfaat sekali untuk orang seperti saya yg berprofesi sebagai safety…trimakasih ya

  21. wen gayo
    10 February 2012 at 4:49 pm | #21

    kawan2 teknik sipil, tolong muatin pedoman tentang Penerapan kesehatan dan keselamatan kerja konstruksi ya.. pleace

  22. 15 October 2012 at 3:28 pm | #22

    @Wen Gayo : untuk pedoman terkait penerapan kesehatan dan keselamatan kerja konstruksi bisa cari dan buka diwebsitenya PU. Terima kasih sudah mampir

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: