Archive

Archive for 4 December 2008

Antivirus free pilihan

4 December 2008 4 comments

Berawal dari kejengkelan saya, ketika mencari antivirus free alias gratis yang menawarkan berbagai keunggulan. Suatu ketika saya menemukan antivirus buatan anak negeri yang klo tidak salah diambil dari bilcyber.com Maklum saat itu, saya belum begitu tahu mana anivirus yang bagus dan asal-asalan. Di computer saya, antivirus sebelumnya ansav yang tidak mendeteksi virus apapun. Akhirnya saya coba install antivirus dari bilcyber. Setelah dijalankan, saya sangat kaget ternyata computer di rumah banyak virusnya. Tidak berfikir panjang, virus tersebut langsung aja saya delete sampai habis dan tidak bersisa…. Kemudian tahu apa yang terjadi kemudian ???

Sistem computer dirumah error he…he… ternyata yang saya delete file-file bagian dari system. Dasar semprulll.. Jadi terpaksa saya install windows lagi…

Itulah barangkali sekelumit kisah yang mudah-mudahan tidak dialami oleh anda-anda semua. Saya memutuskan untuk tidak mencoba-coba suatu produk antivirus yang belum terbukti keampuhannya, bukan virus yang dibasmi malah file system yang rusak. Dari perburuan dan coba-coba antivirus saya menemukan yang ampuh yaitu Kaspersky Internet Security 7.0.125. Komputer saya sekarang menggunakan Kaspersky Internet Security 7.0.125 yang legal lho, meskipun tidak beli. Anda cari key genuine yang free dan berlaku 6 bulan ditambah 1 bulan pertama jangan gunakan key tadi langsung key yang aktif 1 bulan sehingga aktif 7 bulan. Ok kan… dan menurutku kaspersky bener-bener antivirus jempolan disamping itu updatenya sangat mudah dan dapat mengenali virus-virus lokal yang banyak beredar di internet saat ini.. Oleh karena itu, pesan yang ingin disampaikan pilihlah antivirus yang ok dan free saya dan jangan gunakan yang crack.

Berikut beberapa antivirus yang patut anda coba karena menurut saya cukup bagus dan semuanya free…

1. AVG anti-virus Free Edition 8.0.138

avg-free-editionBanyak yang bilang antivirus ini cukup bagus dan performanya sangat memuaskan (untuk ukuran antivirus gratisan). Untuk updatenya cukup mudah selain Jika anda menggunakan AVG Free Edition 8.0 dan mengalami berbagai kendala atau kekurangan dibanding AVG 7.5, maka saat ini saatnya mengupdate AVG Free 8.0. Baru saja AVG merilis Update terbaru Antivirus gratisnya, AVG 8.0.138. Di update ini banyak perbaikan dan peningkatan performance dari versi sebelumnya. Jadi jika anda pengguna AVG 8.0 Free maka sepertinya tidak ada alasan untuk melewatkan versi ini. Ukuran filenya 51,2 MB. Tapi saya sendiri belum pernah mencobanya. Kenapa ya ? mungkin mencobanya lain kali saja ye…

2. Avira Antivir Personal Edition Classic

antivir-personal-editionPenggunaan payung merah adalah sebuah logo yang sangat lucu menurut saya untuk sebuah antivirus namun memang terkesan sangat unik. Saya sempat kurang suka dengan Avira karena tampilannya yang kurang bagus dan tidak reliable. Namun setelah mencobanya secara mendalam saya sedikit keliru mengenai Avira. Keunggulannya kecepatan deteksi virus sangat cepat dan ringan dalam hal penggunaan memori komputer dan CPU dan aplikasi mudah dipahami (familier- frienly). Sementara untuk kelemahan, kecepatan untuk update sangalah lambat, membutuhkan waktu setidaknya 2 (dua) jam dan munculnya “Nagware” yang selalu menanyakan anda apabila ingin upgrade ke versi retail. ukuran file nya sekitar 23,96 MB. Sebelum Kaspersky, antivirus di computer saya Avira.

3. Avast! Home Edition

antivirus-avast-home-editionTerbukti ada banyak jenis virus/worm dan trojan horse yang tidak dikenali atau diidentifikasi oleh antivirus lain yang menempati papan atas dunia, tetapi mampu dideteksi oleh Avast! AntiVirus dengan baik, di-remove, di-delete, atau di-move to chest, sesuai pilihan kita, beserta recommended actions-nya.

Beberapa keunggulan Avast! Antara lain : Tampilan sederhana, sehingga tidak memberatkan proses kerja computer ; Layout skin dapat diubah sesuai keinginan (pada jenis Avast! tertentu); Proses scanning-nya yang sangat cepat, sehingga menghemat banyak waktu; Proses komputer tidak terlalu berat pada saat scanner berjalan; Update otomatis (bisa pula di-set manual update); Proses update yang sangat cepat, sehingga tidak membuang-buang waktu; dan File-file update normalnya berukuran dibawah 1 MB (sekitar 100-500 kb). Cocok sekali bagi pengguna internet limited berdasarkan kuota bytes.

4. Bitdefender 10 Free Edition

antivirus-bitdefender-free-editionBitDefender adalah antivirus gratis yang juga anti spyware yang menawarkan update setiap jam. Malware detection rate: 96%, Proactive detection: 61%, System slowdown: 124%, Ease of use: Superior, False-positive detections: 14
Bagus dalam deteksi virus, lumayan murah, sayang berat di sistem, bisa menurunkan performa computer. Saya sendiri belum pernah mecobanya sih….

5. PC MAV 1.7

pcmav1Anda tentu tahu majalah PC Media? PCMAV merupakan antivirus lokal yang sangat terkenal, berkat buatan PC Media. Dulu saya pernah menggunakannya digabung dengan avira, dan computer saya dirumah baik-baik saja. Intervasenya mudah dan user frienly… untuk virus-virus lokal mah pasti kebasmi semua. Cuman yang saya kurang begitu suka, cara updatenya. Masuk kefolder, jadi ga bias langsung. Habis itu, mucul PCMAV release baru… jadi yang release lama ketinggalan jaman… harusnya menurut saya, versi lama tetap bisa digunakan dengan catatan update selalu disediakan.

Itulah beberapa antivirus yang saya rekomedasikan untuk dicoba dikomputer anda. Dan ingat ya jangan gunakan double antivirus, karena dapat mengakibatkan computer anda crass alias eror… demikian semoga bermanfaat.