Home > Civil Engeneering > Pembangunan Suramadu capai 82 %

Pembangunan Suramadu capai 82 %

cable-stayed2

Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) saat ini telah mencapai progres penyelesaian 82%. Saat ini pembangunan jembatan memasuki tahapan penting yakni pemasangan kabel baja pada bentang utama jembatan. “Dari segi teknis yang paling kritis adalah pemasangan kabel ini.” kata Direktur Pelaksanaan Jalan dan Jembatan Wilayah Barat Ditjen Bina Marga Departemen PU Hediyanto, di Jakarta, Jumat (13/6).

Pengerjaan bentang utama jembatan sepanjang 818 meter di lakukan oleh kontraktor dari China, sementara untuk jembatan penghubung dilakukan oleh kontraktor Indonesia. Namun untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jembatan penghubung, pengerjaannya juga dibantu oleh kontraktor China. Penjang jembatan ini adalah 5,4 Km dan ditargetkan dapat selesai pada April 2009. Hadirnya Jembatan Suramadu selain memberikan efisiensi biaya angkut dan waktu tempuh kendaraan juga dapat menjadi landmark dan menjadi daerah tujuan wisata.

Untuk memperindah Jembatan Suramadu pada malam hari, menurut Hediyanto pihaknya telah mengusulkan dilakukan pemasangan lampu-lampu sehingga akan menambah sisi artistik jembatan yang dibangun dengan biaya yang cukup mahal tersebut. Selain sisi artistik, pihaknya juga sudah mengusulkan kepada Bappenas pemasangan alat monitoring dan pembuatan museum. Alat monitoring akn digunakan untuk memantau kondisi jembatan dan mengetahui lebih awal bila terjadi kerusakan. Sementara museum akan digunakan sebagai dokumentasi perjalanan pembangunan Jembatan Suramadu. (gt)

Dikutip dari http://www.pu.go.id/index.asp?link=/humas/news2003/ppw130608gt.htm

Video animasi jembatan Suramadu, silakan play

Video pembangunan Cable Stayed Bridge di Incheon, Korea Selatan :


Categories: Civil Engeneering
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: