Home > Hikmah Jum'at > Manusia sebagai Khalifah

Manusia sebagai Khalifah

Sebelum membahas tema dari Khutbah Jumat tadi siang. Sekedar mengingatkan apasih keistimewaan hari Jumat dan kenapa kita sebagai muslim khususnya laki-laki diwajibkan Sholat Jumat. Hari Jumat adalah hari penting bagi kaum muslim, dibandingkan dengan hari-hari yang lainnya. Mari simak hadits Rasululloh SAW berikut. “Sebaik-baik hari adalah hari Jum’at, pada hari itulah diciptakan Nabi Adam, dan pada hari itu dia diturunkan ke bumi, pada hari itu pula diterima taubatnya, pada hari itu pula beliau diwafatkan, dan pada hari itu pula terjadi kiamat. Pada hari itu ada saat yang kalau seorang muslim menemuinya kemudian sholat dan memohon segala keperluannya kepada Alloh, niscaya akan dikabulkan.” (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasai).

Pada hari Jumat pula dilakukan Jum’atan, ibadah khusus seminggu sekali yang wajib diikuti oleh kaum lelaki muslim. Tentu saja ada dalilnya mengapa ibadah Jum’atan ini wajib dilakukan, yakni :

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Alloh dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.” (QS Al Jumu’ah (62) : 9)

“Hendaklah orang-orang itu berhenti dari meninggalkan sholat Jumat atau kalau tidak, Alloh akan menutup hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang yang lalai.”            (HR. Muslim).

“Sungguh aku berniat menyuruh seseorang (menjadi imam) sholat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan sholat Jum’at.” (HR. Muslim)

“Sholat Jumat itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjama’ah terkecuali empat golongan, yaitu  hamba sahaya, perempuan, anak kecil dan orang yang sakit.”  (HR. Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)

Dengan demikian, nyatalah bahwa ibadah Jum’atan adalah kewajiban bagi kaum muslim terutama laki-laki yang sudah baligh, sehat, dan bermukim (tidak sedang bepergian). Dan apa jadinya jika kita dengan sengaja meninggalkan Sholat Jumat, pastilah berdosa.

Berikut ulasan singkat, oleh-oleh Jumatan kali ini,

Alloh menciptakan langit tanpa tiang serta semua bintang yg menghiasi dan Alloh turunkan dari air hujan dan tumbuh dengan segala jenis tumbuh-tumbuhan. Bumi terhampar sangat luas segala jenis makhluk bertempat tinggal diatasnya, berbagai kenikmatan dikandungnya dan tiap orang dengan mudah bepergian ke mana yang dia inginkan. Binatang ada dengan berbagai jenis bentuk dan warnanya. Tumbuh-tumbuhan dengan segala jenis dan buah-buahan dgn segala rasa dan warnanya. Laut yang sangat luas dan segala rizki yg ada di dalamnya, semua mengingatkan kita kepada kebesaran Alloh dan ke-Maha Agungan-Nya.

Kita meyakini bahwa Alloh menciptakan semua itu memiliki tujuan dan tidak ada yang sia-sia. Maka dari itu mari kita berlaku jujur pada diri kita dan di hadapan Alloh bahwa kita juga diciptakan oleh Alloh tidak sia-sia dalam arti kita diciptakan memiliki tujuan tertentu yg mungkin berbeda dengan yang lainnya.

Banyak sekali dalam Al Quran yang menerangkan tentang ini, salah satunya,

“Maka apakah kalian mengira bahwa sesungguh Kami menciptakan kalian secara main-main dan bahwa kalian tidak akan dikembalikan kepada Kami?” (QS Al Mu’minun (23) :115)

Manusia dengan segala nikmat yang diberikan Alloh SWT memiliki kedudukan yang tinggi di hadapan makhluk yang lain. Tentu hal ini menunjukkan bahwa mereka diciptakan untuk satu tujuan yang mulia agung dan besar. Tujuan inilah yang telah disebutkan oleh Alloh SWT di dalam Al Qur’an :

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan utk menyembah-Ku.”  (QS Adz Dzaariyaat  (51) : 56)

Semua nikmat yang diberikan oleh Alloh kepada manusia tidak lain hanya untuk membantu mereka dalam mewujudkan tugas dan tujuan yang mulia ini. Alloh SWT menciptakan alam semesta dan menentukan fungsi-fungsi dari  setiap elemen alam ini. Mata hari punya fungsi, bumi punya fungsi, udara punya fungsi, begitulah seterusnya; bintang-bintang, awan, api, air, tumbuh-tumbuhan dan seterusnya hingga makhluk yang paling kecil masing-masing memiliki fungsi dalam kehidupan. Lantas apa sebenarnya fungsi manusia dalam pentas kehidupan ini? Apakah sama fungsinya dengan hewan dan tumbuh-tumbuhan? atau mempunyai fungsi yang lebih istimewa ?

Agama Islam mengajarkan bahwa manusia memiliki dua golongan, yaitu sebagai hamba Alloh (abdullah) dan sebagai wakil Alloh (khalifatullah) di muka bumi. Sebagai hamba Alloh, manusia adalah kecil dan tak memiliki kekuasaan. Oleh karena itu, tugasnya hanya menyembah kepada-Nya dan berpasrah diri kepada-Nya. Tetapi sebagai khalifatullah, manusia diberi fungsi sangat besar, karena Alloh Maha Besar maka manusia sebagai wakil-Nya di muka bumi memiliki tanggung jawab dan otoritas yang sangat besar.

Sebagai khalifah, tentu manusia diberi tangung jawab pengelolaan alam semesta untuk kesejahteraan umat manusia Karena alam semesta memang diciptakan Alloh untuk manusia. Sebagai wakil Tuhan manusia juga diberi otoritas ketuhanan seperti menyebarkan rahmat Tuhan, menegakkan kebenaran, membasmi kebatilan, menegakkan keadilan, dan bahkan diberi otoritas untuk menghukum mati manusia. Sebagai hamba manusia adalah kecil, tetapi sebagai khalifah Alloh, manusia memiliki fungsi yang sangat besar dalam menegakkan sendi-sendi kehidupan di muka bumi. Oleh karena itu, manusia dilengkapi akal, hati, syahwat dan hawa nafsu, yang kesemuanya sangat memadai bagi manusia untuk menjadi makhluk yang sangat terhormat dan mulia. Disamping berpotensial juga untuk terjerumus hingga pada posisi lebih rendah dibanding binatang.

 

Ilustrasi : by google

Categories: Hikmah Jum'at
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: