Home > Alam Semesta > Belajar Unsur Kimia dengan Tools

Belajar Unsur Kimia dengan Tools

 

Masih ingat dengan “Tabel Periodik Unsur”. Hmm.. membaca dan mendengar ini, maka kita pasti teringat pelajaran Kimia SMA dulu. Karena waktu saya kuliah dulu di Teknik Pertanian dan Teknik Sipil, mata kuliah Kimia Cuman dapat 2 SKS. Bandingkan dengan di SMA, 3 tahun. Kimia, salah satu pelajaran yang saya suka, selain Fisika dan Matematika tentunya. Belajar Kimia memang mengasyikkan. Apalagi guru pengajarnya waktu itu Bapak Nurzaman, punya style tersendiri ketika mengajar. Setiap kali berkata dan menutup kata-katanya, iramanya seperti alunan Ki Dalang yang sedang memainkan para wayangnya. Sehingga tidak sedikit para siswa waktu itu, nyletuk “trok…tok…tok…tok… “ xi..xi.. ya, termasuk saya juga bilang begitu. Maafkan kami ya Pak.🙂

Dengan belajar Kimia, kita dapat mengetahui beraneka ragam pengetahuan yang belum pernah didapat sebelumnya. Di sekolah waktu itu, pelajaran Kimia, Fisika, dan Matematika merupakan pelajaran yang sebagian siswa “enggan” mengenalnya, karena yang terbesit kata susah dan sulit. Namun, jika dapat menyiasati dengan baik, maka ketiga pelajaran tersebut dapat berubah menjadi hal yang menyenangkan.

Sebagai contoh, pelajaran Kimia yang membutuhkan banyak hafalan dan pemahaman terhadap unsur-unsur yang telah lama ditemukan. Unsur dalam kimia adalah zat yang paling sederhana, dan tidak dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana lagi. Karena banyaknya unsur tersebut, maka dibuatlah Tabel Periodik Unsur kimia. Tujuannya untuk mempermudah menggolongkan setiap unsur dan mempelajarinya.

Golongan IA :
Hari Libur Naik Kuda Rabu Camis Fere

Golongan IIA :
Beli Mangga Cari Sari Baik Rasa

Golongan IIIA :
Bang Ali Gaya In Tel

Golongan IVA :
Cewek Sing Genit Seneng jadi Pembantu

Golongan VA :
Nenek Pacaran Asik Sambil Bisik-bisik;

Golongan VIA :
Orang Sakit Seneng Telan Pospat

Golongan VIIA :
Farida Cilik Baru Ikutan lompAt

Golongan VIIIA :
Heni Nekat jadi Artis Karena Xexi dan keRen

Ya karena singkatan-singkatan itulah, efeknya sampai sekarang inget terus padahal dari tahun 2000 sampai sekarang 2011. Bisa dibayangkan ! hampir 11 tahun. Tapi gak juga sih, kebetulan sembari bekerja juga saya mengajar privat anak-anak SMA khususnya pelajaran Fisika, Kimia dan Matematika. Jadi selalu ingat xi..xi..

Mungkin belum ada yang tahu, ternyata software tentang Tabel Periodik Unsur tersebut ada lho. Setelah saya buka, dan lihat hasilnya cukup bagus. Tools ini yang sangat membantu dalam belajar sistem periodik unsur.  Penyusunnanya pun disusun persis sesuai standar Tabel Periodik Unsur, yang penggolongannya dibedakan antara gologan yang satu dengan yang lainnya. Belajar kimia terasa lebih mudah dengan aplikasi ini. Sekali klik, unsure yang diminta. Informasi tentang unsur itupun diperlihatkan, dari mulai nama unsur, nomor atom, energy ionisasi sampai dengan  konfigurasi electron. Luar biasa !

Penggunaannya relatif mudah, simple, dan desainnya tidak terlalu rumit. Sesuai untuk memudahkan belajar Kimia. Disamping itu ukuran filenya tidak terlalu besar hanya 361 KB. Cara installnya, setelah download buka .zip-nya. Kemudian simpan ditempat yang mudah diingat. Softwere ini pun portable jadi tidak perlu diinstal, hanya klik gambar apel merah. Ya, hanya klik lambang apel merah, kemudian belajar deh… very simple and easy. Silahkan download di sini

Berikut tampilan dari software tersebut :

“The main window of Periodic Table Of Elements enables you to check out the chemic elements.”


“To calculate molar mass you will use this window.”

“This window will offer you further info about a particular element.”

 

Ok, selamat belajar yah !

  1. kak wawan
    2 February 2011 at 2:22 pm

    trims fiq…. lagi aku download nih….

  2. 4 February 2011 at 1:33 pm

    Oke k’ wawan. Download aja xi..xi..🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: